Sabtu, 19 Februari 2011

Tips Menjaga Komputer Agar Terhindar Dari Virus


VIRUS, ketika pertama kali kamu mendengar kata-kata virus apa yang terlintas dalam pikiran kamu? Geram, kesal, marah, sebel atau lain sebagainya, yang pasti tak sedikit orang yang telah dibuat jengkel oleh ulah virus ini. Betapa tidak virus ini telah membuat komputer menjadi lelet karna sistem dari komputer telah dirusak oleh virus, bahkan yang lebih menjengkelkan lagi ketika semua data atau sebagian data kita hilang disaat kita sangat memerlukan data
itu.

Kasus seperti ini sering saya jumpai pada teman-teman kuliah saya, mereka kehilangan dokumen ketika ia mau mengeprint tugasnya padahal data yang diperlukan sudah dimasukan ke dalam flash disk tetapi ketika mau diprint datanya malah hilang. Sungguh menjengkelkan bukan....?
Baiklah langsung saja, di postingan ini saya akan menjelaskan bagai mana menjaga komputer atau laptop kamu tehindar atau tidak terinfeksi oleh virus.
1.      Pasang atau instal program antivirus di komputer kamu
Ini adalah adalah cara yang paling utama dalam menjaga komputer kamu dari serangan virus. Jika komputer kamu tidak ada antivirusnya maka komputer kamu akan sangat mudah terserang oleh virus karena komputer kamu tidak dilindungi. Oleh karena itu pasanglah anti virus di komputer kamu agar komputer kamu dapat memproteksi komputer kamu dari serangan virus
2.      Selalu apdate antivirus kamu
Selanjutnya jika komputer kamu sudah terpasang antivirusnya maka kamu harus melakukan update minimal sekali sebulan tetapi jika lebih sering itu lebih baik. Lalu mengapa kita perlu meng update anti virus? Karena virus itu juga dibuat oleh manuasia dan terus berkembang setiap saat dan jika antivirus kamu tidak terupdate maka antivirus kamu tidak mampu mengatasi virus yang terus berkembang.
Untuk cara updatenya ada dua cara. Untuk kamu pengguna komputer yang terhubung dengan internet itu biasanya antivirus kamu langsung otomatis apdate sendiri. Tetapi bagi pengguna kopmputer yang tidak terhubung dengan internet lakukan update secara ofline atau download updatenya diwarnet.
3.      Lakukan scan secara rutin
Kemudian lakukan scan secara rutin, minimal satu bulan sekali. Hal ini untuk memastikan keamanan komputer kamu dari virus dan untuk berjaga-jaga agar tidak semakin parah jika komputer kamu terinfeksi virus. Jika setelah melakukan scan virus dan kamu mendapati virus di komputer kamu maka hapuslah virus tersebut.
4.      Lakukan scan setiap mencolokkan flash disk
Tidak perduli apakah itu flasdisk kamu sendiri atau flasdisk kawan kamu yang penting lakukan scan setiap colokan flasdisk. Kecuali jika kamu benar-benar yakin kalau flasdisk itu bersih dari virus.
Flasdik merupakan sumber penyebaran virus nomor dua setelah penyebaran dari internet. Berhati-hatilah ketika memakai flasdisk terlebih jika kamu dari warnet atau mencolokkan flasdisk kamu pada komputer lain selain komputer kamu. Karena komputer warnet atau komputer teman kamu itu terjangkit virus dan masuk kedalam flash kamu. Untuk itu ketika kamu memasukkan flasdisk ke komputer kamu lakukan sacan terlebih dahulu
Demikianlah tips untuk menjaga agar komputer aman dari virus, semoga dapat berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih....


ooppss ada yang lupa, jangan lupa di komen yah... 
atau krtiknya juga boleh...

2 komentar:

  1. Nice Info Jangan Lupa Kunjung Blog Saya http://servislaptopdisurabaya.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. artikelnya bagus terimakasih
    www.rajalistrik.com

    BalasHapus